Peringati HUT BPK RI Ke-71, BPK Perwakilan Provinsi Jambi Memperoleh Dua Pengharagaan Sekaligus

Ulang Tahun BPK RI yang ke 71 kali ini, terasa spesial bagi BPK Perwakilan Provinsi Jambi. dimana BPK Perwakilan Provinsi Jambi memperoleh dua penghargaan sekaligus dari kantor pusat BPK RI di jakarta. Penghargaan yang diterima langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi (senin, 15/01/2018) tersebut diraih atas kinerja pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jambi yang menghasilkan kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang terbaik di lingkungan BPK RI. LHP yang mengantarkan BPK Perwakilan Provinsi Jambi meraih penghargaan tersebut yaitu LHP atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Batang Hari Tahun Anggaran (TA) 2015 dan LHP atas Pemeriksaan Kinerja RSUD Abdul Manaf Kota Jambi TA 2013-2016. Setelah menerima penghargaan, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Drs. Parna, M.M, mengharapkan semoga kedepan LHP BPK semakin berkualitas dan lebih baik lagi, baik di Kantor Pusat maupun Perwakilan.

Dihari yang sama, Senin, 15/01/2018 – BPK Perwakilan Provinsi Jambi melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  (HUT) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang ke 71. Upacara bendera yang mengangkat tema “Merajut Kebersamaan” tersebut dipimpin oleh Kepala Sekretariat BPK Perwakilan Provinsi Jambi, Hermawan.

Sebagai Inspektur Upacara, Kepala Sekretariat Perwakilan yang membacakan sambutan Ketua BPK RI, menyampaikan bahwa selama kurun waktu 12 tahun terakhir, BPK telah menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp132,16 triliun berasal dari rekomendasi hasil pemeriksaan yang telah selesai ditindaklanjuti. Selain itu, BPK telah membantu aparat penegak hukum baik Kepolisian, Kejaksaan Agung, dan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam proses penegakan hukum. Selama periode 2003 sampai dengan 2017, BPK menyerahkan 447 temuan berindikasi pidana senilai Rp44,74 triliun. Selama periode 2013 sampai dengan 2017, BPK menerbitkan laporan hasil penghitungan kerugian negara sebanyak 120 kasus senilai Rp56,93 triliun.

 

 

 

 

 

Di tingkat internasional, BPK telah meningkatkan peran dan kontribusinya. BPK terpilih menjadi anggota external auditor independen untuk International Anti Coruption Academy (IACA). BPK juga menjadi anggota panel external auditor PBB yang bertugas sebagai lembaga pemeriksa untuk badan-badan dalam komunitas PBB. BPK terpilih kembali menjadi external auditor bagi Badan Atom Dunia atau International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk periode 2017-2019. Hal ini merupakan bentuk kepercayaan dunia internasional kepada BPK.

Lebih lanjut Kepala Sekretariat menyampaikan, BPK juga kembali memimpin Kelompok Kerja terbesar dalam organisasi lembaga pemeriksa sedunia (INTOSAI) yaitu Working Group on Environmental Audit untuk periode 2017-2019. Selain itu, BPK terlibat pada hampir seluruh Working Group INTOSAI, termasuk saat ini BPK akan bergabung dengan Working Group on Big Data yang sejalan dengan arah BPK menjadi IT-driven organization. Di tingkat regional, BPK juga menjadi pengurus organisasi BPK se-Asia (ASOSAI). BPK juga menjadi pendiri ASEANSAI dan saat ini dipercaya sebagai Long Term Secretariat ASEANSAI periode 2017 – 2023.

Diakhir Sambutannya, beliau mengingatkan kembali, untuk selalu menjunjung tinggi integritas, independensi, dan profesionalisme agar martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas BPK selalu terjaga.

Sebagai bentuk rasa sukur kepada Tuhan YME atas berdirinya BPK selama 71 tahun dan atas peraihan penghargaan atas Laporan Hasil Pemeriksaan, BPK Perwakilan Provinsi Jambi mengadakan pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng tersebut diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi jambi yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.