Rencana Strategis BPK RI 2016 – 2020

Renstra BPK 2016-2020 merupakan kelanjutan dari Renstra BPK 2011-2015, sehingga kondisi pencapaian Renstra sampai dengan tahun 2015 menjadi salah satu pertimbangan penyusunan Renstra ini. Pertimbangan lain meliputi landasan pemikiran, perkembangan lingkungan strategis serta kondisi yang diharapkan dicapai lima tahun ke depan.

Renstra BPK 2016-2020 disusun dengan melibatkan seluruh jajaran di BPK. Oleh karena itu, keberhasilan dari Renstra ini ditentukan oleh peran aktif dari seluruh jajaran di BPK untuk mengimplementasikannya dan mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran strategis serta target-target pengukurannya.

Kondisi yang diharapkan dalam Renstra BPK 2016-2020 terkait dengan peningkatan peran BPK dalam mendorong pengelolaan keuangan negara untuk pencapaian tujuan negara. Peningkatan tersebut dilakukan dengan peningkatan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan serta peningkatan mutu kelembagaan BPK modern yang memanfaatkan sistem dan teknologi informasi.

RENCANA STRATEGIS 2016 – 2020

renstra

VISI

Menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

MISI

  1. Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri; dan
  2. Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

TUJUAN STRATEGIS

Dalam memastikan tercapainya visi dan misi, maka ditetapkan dua tujuan strategis, yaitu:

  1. Meningkatkan manfaat hasil pemeriksaan dalam rangka mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara; dan
  2. Meningkatkan pemeriksaan yang berkualitas dalam mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara.

NILAI-NILAI DASAR

Pencapaian cita-cita yang tertuang di dalam visi dan misi akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai dengan berlandaskan pada nilai-nilai dasar sebagai berikut:

Integritas
Kami membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan.

Independensi
Kami menjunjung tinggi independensi, baik secara kelembagaan, organisasi, maupun individu. Dalam semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan, kami bebas dalam sikap mental dan penampilan dari gangguan pribadi, ekstern, dan/atau organisasi yang dapat mempengaruhi independensi.

Profesionalisme
Kami membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku.

 

 

RENCANA STRATEGIS BPK PERWAKILAN PROVINSI JAMBI 2016-2020

 

VISI

Menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat

MISI

  1. Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri;
  2. Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

 

TUJUAN STRATEGIS

  1. Meningkatkan manfaat hasil pemeriksaan dalam rangka mendorong
    pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara;
  2. Meningkatkan pemeriksaan yang berkualitas dalam mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara.

 

SASARAN STRATEGIS

Dalam rangka mendukung pencapaian visi, misi, dan tujuan strategis BPK tersebut serta dengan mempertimbangkan landasan berpikir yang telah dibangun, BPK Perwakilan Provinsi JaMBI menyusun Sasaran Strategis (SS) yaitu Pemenuhan Kebutuhan dan Harapan Pemilik Kepentingan dan sasaran strategis BPK yaitu SS 1 “Meningkatnya Pemanfaatan Hasil Pemeriksaan”dan SS 2 “Meningkatkan Kualitas Perencanaan Pemeriksaan

 

ARAH KEBIJAKAN DAN STRATEGI KELEMBAGAAN

Arah kebijakan adalah kebijakan yang akan ditempuh dalam rangka mencapai SS yang telah ditetapkan sehingga tujuan strategis tercapai. Sehubungan dengan hal tersebut, BPK Perwakilan Provinsi Jambi berkomitmen untuk mendukung ketiga arah kebijakan BPK yang disebutkan secara spesifik dalam Renstra BPK 2016-2020 sebagai berikut:

Arah kebijakan 1. Peningkatan Relevansi Pemeriksaan dengan Kebutuhan dan Harapan Pemangku Kepentingan

Strategi 1.1. Meningkatkan Efektivitas Komunikasi dengan Para Pemangku Kepentingan

Strategi 1.2. Meningkatkan Pengelolaan Strategi Pemeriksaan

 

Arah kebijakan 2. Peningkatan Keunggulan dalam Operasional Pemeriksaan dan Kelembagaan

Strategi 2.1 Meningkatkan Kualitas Penugasan Pemeriksaan

Strategi 2.2. Meningkatkan Kualitas Kelembagaan

 

Arah kebijakan 3. Pengembangan dan Optimalisasi Sumber Daya

Strategi 3.1. Meningkatkan Kompetensi Pegawai Melalui Pembentukan Talent Pool

Strategi 3.2. Mengoptimalkan Pemanfaatan TI dan Sarpras dalam Tata Kelola Organisasi

Strategi 3.3. Menciptakan Budaya Berintegritas, Independen, dan Profesional

Strategi 3.4. Memperluas Implementasi Praktik-Praktik Terbaik (Best Practice Sharing)

Strategi 3.5. Mengoptimalkan Pemanfaatan Anggaran

 

NILAI DASAR

Pencapaian cita-cita yang tertuang di dalam visi dan misi akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Jambi dengan berlandaskan pada nilai-nilai dasar sebagai berikut:

  1. Integritas

Kami membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan;

  1. Independensi

Kami menjunjung tinggi independensi, baik secara kelembagaan, organisasi, maupun individu. Dalam semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan, kami bebas dalam sikap mental dan penampilan dari gangguan pribadi, ekstern, dan/atau organisasi yang dapat mempengaruhi independensi;

  1. Profesionalisme

Kami membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku.